Profil Rahasia PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom)


Siapa tahu ada yang lagi nyari info tentang profil PT Telkom, nih gw kasih profilnya yang di copy dari laporan Kerja Praktek gw di Telkom Divre I Palembang…

————————————————————————————————————————————————–

Profil PT. Telkom Divisi Regional I (Sumatera) Kandatel Sumbagsel Palembang

PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk. adalah perusahaan informasi dan komunikasi serta penyedia jasa dan jaringan telekomunikasi secara lengkap di Indonesia.

Pada awalnya dikenal sebagai sebuah badan usaha swasta penyedia layanan pos dan telegrap atau dengan nama “JAWATAN”. Pada tahun 1961 Status jawatan diubah menjadi Perusahaan Negara Pos dan Telekomunikasi (PN Postel),PN Postel dipecah menjadi Perusahaan Negara Pos dan Giro (PN Pos & Giro), dan Perusahaan Negara Telekomunikasi (PN Telekomunikasi). Dan pada tahun 1974 PN Telekomunikasi disesuaikan menjadi Perusahaan Umum Telekomunikasi (Perumtel) yang menyelenggarakan jasa telekomunikasi nasional maupun internasional. Pada tanggal 14 November 1995 di resmikan PT. Telekomunikasi Indonesia sebagai nama perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia.

TELKOM merupakan salah satu BUMN yang sahamnya saat ini dimiliki oleh Pemerintah Indonesia (51,19%) dan oleh publik sebesar 48,81%. Sebagian besar kepemilikan saham publik (45,58%) dimiliki oleh investor asing, dan sisanya(3,23%) oleh investor dalam negeri. TELKOM juga menjadi pemegang saham mayoritas di 9 anak perusahaan, termasuk PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel).

TELKOM menyediakan jasa telepon tetap kabel (fixed wire line), jasa telepon tetap nirkabel (fixed wireless), jasa telepon bergerak (mobile service), data/internet serta jasa multimedia lainnya.

Tahun 2001 TELKOM membeli 35% saham Telkomsel dari PT INDOSAT sebagai bagian dari implementasi restrukturisasi industri jasa telekomunikasi di Indonesia yang ditandai dengan penghapusan kepemilikan bersama dan kepemilikan silang antara TELKOM dan INDOSAT. Sejak bulan Agustus 2002 terjadi duopoli penyelenggaraan telekomunikasi lokal.

Dalam meningkatkan usahanya serta memberikan proteksi yang sesuai dengan keinginan masyarakat, PT.Telkom telah membuka kantor-kantor Cabang dan Perwakilan yang terdapat di berbagai regional yang terdiri dari : 7 DIVRE yaitu Divre 1 Sumatera, Divre 2 Jakarta, Divre 3 Jawa Barat, Divre 4 Jawa Tengah & DI.Yogyakarta, Divre 5 Jawa Timur, Divre 6 Kalimantan, Divre 7 Kawasan Timur Indonesia.

PT. Telkom Juga mempunyai anak perusahaan seperti, Telkomsel, Telkomvision/Indonusa, Infomedia, Graha Sarana Duta / GSD, Patrakom, Bangtelindo, PT FINNET Indonesia.

PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk. (“TELKOM”, “Perseroan”, “Perusahaan” atau “Kami” ) adalah perusahaan penyelenggara jasa layanan dan jaringan paling lengkap terbesar di Indonesia. TELKOM menyediakan layanan InfoComm, telepon tidak bergerak kabel (fixed wireline) dan telepon tidak bergerak nirkabel (fixed wireless), layanan telepon seluler, data dan internet, jaringan dan interkoneksi, baik secara langsung maupun melalui anak perusahaan.

Pada tanggal 31 Desember 2008, mayoritas saham biasa TELKOM (52,47%) dimiliki oleh Pemerintah Republik Indonesia. Sedangkan sisanya sebesar 47,53% dimiliki oleh masyarakat (publik). Saham TELKOM tercatat di Bursa Efek Indonesia (“BEI”), New York Stock Exchange (“NYSE”), London Stock Exchange (“LSE”) dan diperdagangkan tanpa tercatat (Publicly Offered Without Listing) di Jepang. Harga saham TELKOM di BEI pada akhir Desember 2008 Rp.6.900 dengan nilai kapitalisasi pasar saham TELKOM pada akhir tahun 2008 mencapai Rp.139.104 miliaratau 12,92% dari kapitalisasi pasar BEI.

Berikut adalah beberapa layanan telekomunikasi TELKOM:
Telepon
1. Telepon tetap (PSTN), layanan telepon tetap yang hingga kini masih menjadi monopoli TELKOM di Indonesia
2. Telkom Flexi, layanan telepon fixed wireless CDMA

Data/Internet
1. TELKOMNet Instan, layanan akses internet dial up
2. TELKOMNet Astinet, layanan akses internet berlangganan dengan fokus perusahaan
3. Speedy, layanan akses internet dengan kecepatan tinggi (broad band) menggunakan teknologi ADSL
4. e-Business (i-deal, i-manage, i-Settle, i-Xchange, TELKOMWeb Kiostron, TELKOMWeb Plazatron)
5. Solusi Enterprise- INFONET
6. TELKOMLink DINAccess
——————————————————————————————————-

Tambahan Informasi tentang PT. Telkom dari sini :

Gajinya Menggiurkan

Gaji besar, perusahaan besar, dan jenjang karier jelas adalah tiga alasan utama BUMN telekomunikasi ini menjadi incaran para karyawan.

Gaji direksi Telkom mencapai Rp108 juta per bulan! Angka ini jelas menggiurkan. Tak salah anggapan banyak orang bahwa gaji di BUMN telekomunikasi ini pasti besar. Hal itu pula yang membuat perusahaan yang berdiri sejak 1882 ini menjadi idaman para karyawan sebagai tempat bekerja.

Sejak tahun 2001 Telkom selalu masuk dalam daftar peringkat atas perusahaan idaman karyawan dalam riset Warta Ekonomi. Demikian juga tahun ini. Hasil riset Warta Ekonomi pada 2006 menunjukkan 3% dari 1.000 responden mengidamkan bekerja di Telkom. Dari angka tersebut, 48,44% menyebutkan alasan karena penghasilan di Telkom tinggi, 24,54% karena Telkom merupakan perusahaan besar, dan 13,84% karena jenjang karier di perusahaan pelat merah ini jelas.

Nanang Harjendra, asisten manajer analis bisnis PT Telkom Tbk., menuturkan penghasilan yang ia terima memang lebih besar dibandingkan di perusahaan lain yang sejenis. “Tidak terlalu tinggi, tetapi memang lebih tinggi sedikit,” ujar pria yang telah berkarier selama 10 tahun di Telkom itu. Dari sisi kesejahteraan pun, menurut dia, Telkom lebih unggul. “Sesakit dan separah apa pun kondisi kesehatan kita, tetap ditanggung seluruhnya oleh perusahaan. Berbeda dengan di tempat lain yang ada limitnya.”

Mengenai jenjang karier, pria berusia 34 tahun itu mengungkapkan bahwa di Telkom juga sangat menjanjikan. Ia mencontohkan salah satu rekan seangkatannya yang dalam 10 tahun telah berhasil menjadi vice-president.
Secara performa, perusahaan yang sahamnya terdaftar di New York Stock Exchange, London Stock Exchange, dan Tokyo Stock Exchange ini memang menghasilkan keuntungan yang besar. Pada semester I 2006, Telkom berhasil membukukan laba bersih Rp5,8 triliun atau naik 53% dibanding laba bersih pada periode yang sama tahun 2005. Telkom pun mematok target tinggi pada tahun 2010, yaitu memperoleh kapitalisasi pasar senilai US$30 miliar.

Tahun ini Telkom juga telah meraih beberapa prestasi bergengsi, baik di tingkat nasional maupun global. Salah satunya adalah keberhasilan Telkom duduk di peringkat ke-12 dalam deretan perusahaan teknologi informasi (TI) terbaik di dunia versi majalah BusinessWeek. Pemeringkatan itu berdasarkan kinerja perusahaan-perusaha an TI di dunia sesuai laporan keuangannya. Telkom berhasil mengungguli perusahaan TI ternama di dunia seperti Google, Accenture, dan juga Dell.
——————————————————————————————————-

Trus di mana bagian ‘profil rahasianya’ ???

Laporan KP nya sebenernya cuma diperuntukkan buat dosen pembimbing Kerja Praktek di kampus, jadinya gw bilang profil ini ‘rahasia’, hihihi…

piss,

kopirite by  -anak muda yg jadi tertarik bekerja di Telkom

22 Tanggapan to “Profil Rahasia PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom)”

  1. electrum Says:

    ah..yakin lo gajinya tinggi tav? brapa si emang? kalo masih 8digit biasa aja ah.. wakakakakak…
    pengen masuk telkom lo? ati2 kesetrum lo..haha..

  2. kayaknya klo stafnya betul 8 digit 99.999.999,-
    ternyata banyak jg yach🙂

  3. terima kasih info yg exclussive ini, wass

  4. wuih … mantab brow infonya. and untuk telkomsel tiu anak perusahaan telkom. jadi telkomsel masuk bumn bukan?

  5. ksi dunk profil selengkapnya.. gw butuh jg buat referensi KP gw.. hehe..

  6. CP SIEH NMA DIREKTUR NA?? TAW PEMEGANG NYA….

  7. stafarda Says:

    IMHO, telkomsel ngga masuk kategori bumn, walaupun saham mayoritas dimiliki pt telkom, tapi yg ngendaliin (manajemen) telkomsel tuh orang2 singapur…

  8. Huakakakakakaka! Iya sih, emang laporan KP cuman buat dosen pemnimbing KP aja.:mrgreen:

  9. Nama Dirut telkom Renaldy Firmansyah, Doi bokap gua sob….

  10. Yella Ojrak Says:

    108 juta… gilakkk!

  11. profil rahasia gini emang boleh di jadiin laporan KP ???

    emang bisa dapet persetujuan dari pihak telkomnya sendiri ?

  12. enak teennaaaannnn

  13. telkom bentar lg bangkrut gan. . .
    hahaha gw abis pkl di telkom N tau semua rahasia’a . .

    gajih di telkom kecil cuma 1juta untuk PT, GRD, cuma pejabat telkom aja yang besar. . .

  14. iiiiiih kirain aq udh bi beberkan dengan jelas bagaimana PT.Telkom itu

  15. putri broniss Says:

    Saya baru saja bergabung di salah satu anak perusahaan Telkom, tepat nya di PT.Graha Sarana Duta. Soal salary yg katanya menggiurkan, menurut sy biasa saja. Tapi memang sy akui, salary GSD lebih baik dr salary di tempat kerja sy sebelumnya (walaupun di bidang yg berbeda), meskipun sedikit perbedaan besaran salary nya. Terima kasih informasinya🙂

  16. PT graha sarana duta? bergerak di bidang apa itu mbak kalau boleh tau?

  17. fffffffffff Says:

    hey asal u know ya Telkomsel itu BUMN..liat aja financial statementnya..mereka menang award BUMN

  18. hey asal u know ya… telkomsel itu semi-swasta… bukan BUMN… tapi dia anak perusahaan Telkom yang adalah BUMN…

  19. tp di salah satu forum jual beli katanya gaji d telkom itu kecil -_-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: